Senin, 25 Maret 2013

Sejarah Jeans



Hai Voguers, kita semua pasti sudah tidak asing dengan Denim, atau yang biasa orang sebut Jeans. Jeans merupakan fashion item tak lekang waktu yang telah terbukti dari usianya yang kini hampir menginjak dua abad. Diciptakan oleh Jacob Davis dan Levi Strauss pada tahun 1873 untuk dikenakan para pekerja tambang Amerika, kini jeans berevolusi, menjadi salah satu fashion item lintas generasi yang dikenakan anak-anak hingga orang dewasa. Sejarah jeans sebagai celana memang bermula di Amerika, namun bahan pembuat jeans/denim, memiliki sejarah yang lebih panjang, kembali ke abad ke-17 di Italia.
Kurator pameran Francois Girbaud yang juga seorang desainer menyebutkan, terdapat cerita sejarah denim di daerah utara Italia. ”Ada sebuah daerah bernama Genoa yang kerap disebut dengan nama Prancis, Genes, di mana di daerah tersebut juga diproduksi bahan kasar dan tebal layaknya denim dan menjadi asal mula nama ‘jeans’,” terang Girbaud. 


Namun sayangnya, tidak terdapat catatan lebih lanjut mengenai bagaimana ”jins” dan ”denim” didistribusikan ke seluruh dunia hingga mencapai Amerika. ”Di Inggris tercatat bahan denim sudah digunakan sejak abad ke-17,” papar Girbaud.

Kendati demikian, saat ditanya di mana bahan denim berasal, Girbaud menggelengkan kepala. ”Soal asal jeans di Genoa atau Nimes, saya belum punya jawabannya karena dokumen yang terpecah-pecah. Namun satu hal yang pasti, jins sudah ada sejak 1650,” ujar 
Girbaud. 



Mengapa Denim Berwarna Biru?

Sebelum diperkenalkannya pewarna sintetik, warna biru yang berasal dari tumbuhan indigo merupakan pewarna natural yang paling banyak digunakan oleh manusia. Warna biru pada denim, yang pada masa tersebut merupakan pakaian dari para pekerja, dipilih karena keandalan indigo sebagai pewarna yang tidak mudah pudar. Selain itu, warna biru yang cenderung gelap merupakan pilihan yang tepat karena pada waktu itu pencucian pakaian secara berkala sangat sulit untuk dilakukan. Blue hides the dirts. 






Denim dalam berbagai bahasa

Jeans berasal dari kata Jean, sebuah material yang banyak digunakan oleh pelaut-pelaut dari Genoa, Italy.

Denim berasal dari kata Serge de Nimes. Sebuah material yang disebut Serge yang berasal dari daerah Nimes.

Vaqueros merupakan sebutan Denim dalam bahasa Spanyol, yang artinya cowboys.

Tejanos juga dapat digunakan untuk menyebut Denim dalam bahasa Spanyol, artinya orang-orang Texas.

Cowboybusker berarti celana cowboy dalam bahasa Denmark.

Niuzaku merupakan celana cowboy dalam bahasa Cina.

Farmernadrág merupakan sebutan denim oleh orang-orang Hungaria, yang berarti celana para petani
Sumber{wikipedia}

Tau gak sih???
Sekarang jeans bukan hanya berwarna biru Voguers, ada berbagai macam warna jeans yang tersedia. Dan sekarang jeans bukan hanya digunakan sebagai bahan pembuat celana, meliainkan baju, tas, topi dan lain- lain banyak yang berbahas dasar jeans. Bahkan sepatu dan underwear pun ada yang terbuat dari jeans.





Sepatu berbahan jeans

Tas Ransel Jeans

Gamis
Diaper 



Topi Jeans













Tidak ada komentar:

Posting Komentar