Kamis, 14 Maret 2013

Tren Fashion dari masa ke masa..



Hai guys, hari ini kita bakalan bahas tentang perkembangan fashion dari tahun ke tahun. Kita tau kalau fashion itu selalu berkembang sesuai zaman. Dunia fashion tidak mudah untuk diprediksi. Tiap generasi, tiap dekade, tiap tahun dan bahkan tiap musim memiliki ciri khas dan karakter yang berbeda.
Tak terbayang begitu melelahkannya mereka yang begitu obsesif mengikuti perkembangan mode. Maksudnya setiap ada pergantian mode selalu diikuti. Tidak jarang banyak orang yang menjadi korban mode. Yang paling menyedihkan lagi jika hidupnya tidak mementingkan hal- hal lain selain fashion karena prinsipnya “life is all about fashion”.
Sebenarnya jika dicermati, tren mode hanya berputar. Jika melihat dari model dasarnya, desain baju sebenarnya tidak banyak mengalami perubahan dari waktu ke waktu, hanya bumbunya saja yang bergeser, itu jika dilihat dari buku- buku mode. Tren mode hanya berputar, misalnya mode di tahun X akan kembali booming di tahun A. Seperti yang akan kita bahas kali ini ^^.


FASHION TAHUN 20AN 



"History of The Flapper Dress"

Tahukah kamu di tahun itu merupakan tahun “kebangkitan” dan emansipasi wanita dalam dunia fashion yang kini mewarnai dan mempercantik penampilan kita. Salah satu model pakaian yang paling menonjol dalam tahun kebangkitan itu adalah flapper dress. Beragam arti pun tersimpan dalam pengertian flapper. 

a. Pertama, flapper diartikan seekor anak burung yang sudah ditumbuhi bulu-bulu halus dan     sedang belajar mengepakan sayap untuk terbang.
b. Flapper juga dimaknai sebagai seorang wanita dalam masa tanggung (belum dewasa, namun sudah bukan anak-anak lagi).
c. Makna lainnya, flapper juga digambarkan sebagai seorang wanita muda yang berkesan mandiri, bebas, sensual, berani dengan tantangan, dan ceria.

Selain itu, istilah flapper dalam versi lain muncul karena gaya berbusana yang minim, dengan sepatu boots yang dilonggarkan sehingga berbunyi ‘flap-flap’ saat dipakai ketika berjalan. Flapper sendiri kemudian dijadikan sebuah sebutan untuk sebuah dress yang populer hingga saat ini. Mau tahu seperti apa flapper dress itu?




Panjang Rok Di tahun 20an
Panjang rok wanita sudah mulai naik hingga sebetis (sudah gak selalu panjang hingga menyentuh lantai). Modifikasi panjang rok ini pun terus berubah-ubah hingga di sekitar tahun 1926-1928 panjang rok setinggi lutut pun muncul dan menjadi rok terpendek dalam sejarah. Karena itulah, pada umumnya panjang dari flapper dress adalah selutut hingga sebetis.


Garis Pinggang 






Garis pinggang pakaian di tahun 1920-an masih berpotongan di pinggang. Namun seiring berjalannya waktu, di tahun 1924, potongan pinggang pada pakaian pun turun hingga sebatas pinggul. Dan begitulah flapper dress ini dikenal. Dress dengan potongan pinggang di batas pinggul ini memberikan kesan sexy dan menutupi pinggul yang terlihat besar. Di masa inilah awal mula dikenalnya pakaian dengan model sederhana yang praktis. Karena itulah, kebanyakan flapper dress memiliki model pakaian yang simple. Cukup dengan berbagai pilihan warna yang eyecatching, penampilan kamu tetap akan terlihat menarik dan mempesona.

Bahkan hingga kini, dengan dunia fashion yang terus berkembang dan bervariasi, flapper dress, atau gaun yang jatuh melambai dari pinggang ini gak pernah berhenti di zaman kebankitan di tahun 1920. Namun semakin terlihat dengan beragam variasi model di berbagai pagelaran busana ternama seperti Gucci, Alberta Ferretti dan Etro, serta Ralph Lauren.




TAU GAK SIH???

Voguers tau gak sih kalau ternyata sekarang Flapper Dress kembali in :D terbukti dari fashion beberapa artis yang ketangkap kamera menggunakan Flapper dress ^^













Oke Voguers, hari ini cukup sampai sini dulu info dari kami ^^ tunggu info berikutnya ya...

notes: Besok kami bakal posting info tentang gaya busana tahun 30an.... ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar